Rabu, 09 November 2011

Walikota Jayapura Menyerahkan Bantuan di Kampung Enjros dan Tobati

Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Jayapura pada tanggal 04/112011 lalu, menyerahkan Bantuan Hibah Sarana dan Prasarana Penunjang Peningkatan Produksi Perikanan dan Kelautan Kepada pelaku Usaha Perikanan di Kampung Enjros dan Tobati yang dihadiri dan diserahkan langsung oleh Walikota Jayapura Benhur Tomi Mano.
Walikota Jayapura dalam sambutannya menjelaskan bahwa Kawasan Teluk Youtefa memiliki potensi sumberdaya alam yang patut dijaga dan dikelola dngan baik. "kawasan teluk ini berperan secara ekologis sebagai penyangga keberlanjutan kehidupan biota ikan dikawasan pesisir dan laut yang selanjutnya menunjang keberlanjutnya usaha penangkapan ikan, karena kawasan teluk ini memiliki fungsi ekologis sebagai daerah asuhan ikan (nursery ground), tempat ikan mencari makan (feeding ground), dan tempat pemijahan ikan (spawning ground)".
Dalam rangka mengoptimalkan usaha budidaya ikan dan penangkapan di Teluk Youtefa, maka pemberdayaan pelaku usaha perikanan dalam kawasan ini baik secara ekonomi maupun SDM mutlak dilakukan. ini  untuk membantu nelayan tradisional dan pembudidaya ikan dalam kawasan ini agar mampu mengembangkan diri melalui  inovasi yang diterapkan secara partisipatoris  dengan metode pendekatan  berorientasi pada kebutuhan masyarakat sasaran dan kebutuhan pasar. "Upaya yang ditempuh oleh Pemerintah Kota Jayapura melalui Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Jayapura adalah  untuk meningkatkan efisiensi dan produktifitas usaha melalui pengembangan SDM untuk penguasaan teknologi,  penguatan kelembagaan, serta peningkatan dan perbaikan sarana prasarana baik  perikanan tangkap maupun budidaya.  Upaya ini ditempuh melalui kerjasama yang sinergis dari berbagai kekuatan pembangunan yang ada, yaitu Pemerintah Kota Jayapura, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Papua, serta Kementerian Kelautan dan Perikanan RI" terang Walikota Jayapura.      
bagi penerima bantuan Walikota menegaskan agar dapat memanfaatkan secara efektif bantuan yang diberikan untuk menunjang ekonomi keluarga menjadi lebih baik "Saya berharap bantuan ini dapat dimanfaatkan dengan baik guna meningkatkan dan menata kembali ekonomi keluarga yang sempat terganggu akibat bencana tsunami beberapa waktu lalu" tegas Walikota.
Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Jayapura Elsye P. Rumbekwan, dalam laporannya menjelaskan bahwa Kawasan Teluk Youtefa memiliki perikanan yang cukup besar, dengan luasan potensial pengembangan marine cultur ±  1.600 Ha. "secara ekologi dan ekonomis 10% kawasan ini dapat diperuntukkan untuk usaha budidaya,  sedang 90% sisanya digunakan untuk menjaga kondisi lingkungan dan perairan serta jarak antar usaha budidaya, namun dengan  potensi lahan  ± 160 Ha baru termanfaatkan ± 0,12 ha". Kepala Dinas juga menambahkan Kawasan Teluk Youtefa memiliki ekosistem yang untuk kesuburan perairan "Kawasan ini didukung dengan ekosistem mangrove dan lamun yang memberikan sumbangan nutrien bagi kesuburan perairan. Dan dengan kondisi perairan yang relatif tenang dan subur maka kawasan ini layak untuk pengembangan budidaya air laut (marine culture)" ungkap Kepala Dinas Elsye P. Rumbekwan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kami ingin di Komentari untuk menjadi lebih baik