Rabu, 23 November 2011

DKP Kota Jayapura Mensosialisasikan Pelaksanaan Kegiatan PUMP-PB



   Dalam rangka pelaksanaan kegiatan Pengembangan Usaha Mina Pedesaan (PUMP) Perikanan Budidaya yang merupakan program Kementerian Kelautan dan Perikanan untuk pemberdayaan masyarakat perikanan khususnya perikanan budidaya, maka Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Jayapura melakukan sosialisasi tentang pelaksanaan kegiatan PUMP-PB kepada empat kelompok pembudidaya penerima bantuan yang bertempat di aula SMK 6 Abepantai 18/11/11 lalu.
   Kegiatan sosialisasi ini di buka langsung oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Elsye P. Rumbekwan, s.Pi,M.Si  dengan menghadirkan pembicara/narasumber Barnabas Barapadang, S.pi, M.Si selaku Tenaga Pendamping dan dari pihak perbankan yaitu Bank Papua.
   Kepala Dinas dalam sambutannya menghimbau kepada masyarakat yang menerima bantuan PUMP-PB agar dapat memanfaatkannya secara baik dan benar untuk keberlanjutan usaha budidaya sehingga kesejahteraan keluarga  semakin meningkat. Dalam pemanfaatan bantuan ini Kepala Dinas juga meminta kepada masyarakat penerima bantuan untuk membangun komunikasi antar pembudidaya dan tenaga pendamping. “Program PUMP-PB bertujuan untuk meningkatkan kemampuan, pendapatan dan kesejahteraan  masyarakat pembudidaya ikan secara berkelanjutan. Oleh karna itu saya minta agar bantuan ini dapat dimanfaatkan secara baik dan benar, kemudian dalam pelaksanaannya haruslah saling  berkoordinasi antar pembudidaya dan tenaga pendamping tentang teknis pelaksanaan budidaya ikan dan mengenai peluang pasar yang ada” terang Kepala Dinas.

Sementara itu Ketua panitia penyelanggara sosialisasi Maria Ramandey, S.ST.Pi dalam laporannya menjelaskan bahwa kegiatan Pengembangan Usaha Mina Pedesaan Perikanan Budidaya, dilatarbelakangi dengan kondisi sosial ekonomi masyarakat pembudidaya ikan yang masih tergolong miskin. Tujuan Pengembangan Usaha Mina Pedesaan (PUMP) Perikanan Budidaya ini adalah untuk Mendorong upaya peningkatan produksi, nilai tambah komoditas dan tumbuhnya wirausaha baru dibidang perikanan budidaya, Meningkatkan kemampuan, pendapatan dan kesejahteraan masyarakat pembudidaya ikan secara berkelanjutan melalui pembangunan wirausaha di bidang perikanan budidaya dan meningkatkan fungsi kelembagaan kelompok pembudidaya ikan yang kuat serta membangun jejaringan atau mitra lembaga keuangan dalam akses permodalan usaha perikanan budidaya. melalui sosialisasi ini kami mendorong para pembudidaya di Kota Jayapura yaitu Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) yang merupakan kelembagaan masyarakat kelautan dan perikanan untuk semaksimal mungkin menjalankan usaha budidaya ikan dengan mengikuti ketentuan-ketentuan yang ada sehingga dapat menjawab tujuan dari Program PUMP ini” jelas Maria Ramandey, S.ST.Pi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kami ingin di Komentari untuk menjadi lebih baik