Jumat, 13 Juli 2012

SOSIALISASI PUMP-PERIKANAN TANGKAP BAGI KUB KOTA JAYAPURA


Pemerintah Kota Jayapura sebagai menerima Bantuan Langsung Masyarakat (BLM) Pengembangan Usaha Mina Perdesaan Perikanan tangkap (PUMP-PT) pada tangggal 26 Juni lalu melalui Dinas Kelautan dan Perikanan menggelar Sosialisasi tentang PUMP-PT bagi Kelompok-kelompok Usaha Bersama (KUB) yang akan memanfaatkan dan mengelola program tersebut, kegiatan yang berlangsung di Aula BKKBN Kotaraja di buka Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Jayapura yang diwakili oleh Kepala Bidang Pengawasan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan (Kabid PSDKP) Kota Jayapura Yan E. Wayeni, S.Pi, M.Si. 
 
dalam sambutannya Kepala Dinas mengharapkan bagi KUB-KUB penerima BLM PUMP-PT tersebut agar dimanfaatkan dengan baik dan bertanggungjawab sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) “bapak-bapak nelayan harus memahami dengan jelas prosedur, kelengkapan administrasi pencairannya serta teknis pengelolaan bantuan tersebut agar dapat berjalan sesuai dengan ketentuan dan dapat dipertanggung jawabkan”  tegasnya.

Novry F. Rompas, S.ST.Pi sebagai Ketua Panitia penyelenggara kegiatan sosialisasi dalam laporannya menjelaskan bahwa Pelaksanaan sosialisasi ini sebagai upaya untuk memberikan pemahaman yang jelas kepada Ketua dan Anggota KUB yang menerima BLM PUMP-PT agar melaksanakan dan memanfatkannya sesuai prosedur yang ditetapkan agar apa yang diharapkan pemerintah pusat khususnya KKP tentang pengentasan Kemiskinan di wilayah pesisir dan sentra – sentra perikanan dan untuk memenuhi kebijakan KKP yang menghendaki Indonesia menjadi Produsen Produk Perikanan Terbesar Pada Tahun 2015 serta sesuai dengan Misi KKP, yaitu “Mensejahterakan Masyarakat Kelautan dan Perikanan” bisa terwujud. Jelasnya.
 Pelaksanaan Sosialisasi ini melibatkan Fasilitator teknis seperti Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Jayapura yang menyampaikan materi menyangkut Kebijakan Pembangunan Perikanan Tangkap, yang dipaparkan oleh Kabid PSDKP. Agustinus Agung, A.Pi, M.Sc sebagi Sekretaris Tim Pembina PUMP-PT Provinsi Papua memberikan materi mengenai Pedoman Teknis PUMP-PT dan konsep pembuatan Kartu Nelayan. Dan yang terakhir adalah Tim Teknis PUMP-PT  Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Jayapura memaparkan tentang Prosedur Pencairan dan Pemanfaatan Dana BLM PUMP-PT.

 
 
Sekedar diketahui bahwa Kota Jayapura mendapat alokasi 15 Kelompok untuk tahun anggaran 2012 dengan besaran BLM per KUB Rp. 100.000.000 untuk 10 orang anggota, jadi total untuk 15 KUB Rp 1.500.000.000. (NR/dkpkj)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kami ingin di Komentari untuk menjadi lebih baik